Ganggu Liga, Malaysia Absen Di Kejuaraan Antarklub ASEAN



Ganggu Liga, Malaysia Absen Di Kejuaraan Antarklub ASEAN


FAM tidak ingin berisiko klub tampil buruk di kompetisi AFC, sehingga berpengaruh pada jatah pada musim berikutnya.
Federasi sepakbola Malaysia (FAM) kemungkinan besar tidak mengirim perwakilan mereka ke ASEAN Club Championship (ACC) yang direncanakan bergulir pada Mei hingga November.
Malaysia bersama ThailandVietnam dan Indonesia mendapatkan jatah dua klub di ajang yang baru pertama kali digelar ini. Indonesia sudah dipastikan mengirim juara Liga 1 2019 Bali United dan runner-up Persebaya Surabaya.
Sekjen FAM Stuart Ramalingam mengungkapkan, ada dua alasan utama yang membuat mereka bakal menarik diri dari event tersebut. Selain tak adanya dukungan dari konfederasi sepakbola Asia (AFC), ACC juga bisa mengganggu jadwal liga domestik dan klub Malaysia di Liga Champions Asia (LCA) dan Piala AFC.
“Kami baru menerima undangan mengikuti ACC beberapa pekan lalu. Bagi FAM, ada dua alasan yang membuat kami tidak mengonfirmasi berpartisipasi. Pertama dukungan dari AFC. Kami meminta adanya persetujuan dari AFC sebelum memastikan ikut,” ujar Ramalingam kepada Goal Malaysia.
“Kedua, ketika kami melihat jadwal, sudah jelas berbenturan dengan liga domestik dan program tim nasional yang sudah kami susun untuk tahun 2020. Jadi, jadwal yang dikirim ke kami tidak cocok dengan kalender tim nasional.”
Namun FAM tidak menutup kemungkinan mengirim wakil ke kejuaraan tersebut. Hanya saja, FAM menginginkan klub yang dikirim tidak mengikuti kompetisi di bawah naungan AFC. Artinya, klub peringkat satu dan dua musim lalu tidak ambil bagian, dan diberikan kepada tim di bawahnya.
“Jika ACC mewajibkan klub teratas bermain, mereka akan tampil di beberapa pertandingan dalam satu atau dua pekan. Jadwal itu merugikan kami sebagai induk sepakbola naional, karena penampilan klub di kompetisi AFC menjadi prioritas kami,” tegas Ramalingam.
“Kami memberikn dukungan penuh kepada klub kami untuk berlaga di kompetisi Asia. Jangan lupa, di kompetisi antarklub AFC ada kalkulasi poin, dan itu sangat penting buat kami. Jika kami tampil buruk di kompetisi AFC musim ini, itu akan memengaruhi jatah kami di musim berikutnya.”
“Jika ACC mengizinkan klub peringkat tiga, empat dan lima ambil bagian, kami akan memberikan dukungan penuh. Tapi itu bisa diberikan bila jadwal yang dikedepankan adalah pengembangan klub, bukan faktor komersial.”

Ulasan